Kreator kita bulan ini adalah Hugh Mitton alias protonsanon, filmmaker muda kreatif dari Negeri Kiwi (Yak, maksudnya New Zealand ;)). Cowok yang satu ini punya imajinasi yang oke banget! Ga percaya? Cek profilnya untuk melihat hasil karyanya.

IMG_8826s2

Yuk kita mengenal dia lebih jauh. Berikut ini adalah percakapan singkat eYeka dengan filmmaker yang berdedikasi tinggi ini: Ceritain lebih lanjut tentang dirimu donk Saya baru aja lulus kuliah dan pindah ke Wellington, New Zealand. Wellington adalah tempat yang sangat indah dan ada cukup banyak industri kreatif dan perfilman disini. Waktu kecil saya nggak punya TV di rumah, jadi saya melewatkan waktu dengan menggambar atau main Lego, sambil bermimpi ingin jadi Art Director atau Filmmaker sukses suatu hari nanti (eh, bercanda loh...Ini masih menjadi mimpi saya). Hobi saya adalah penerbangan (aviasi), sepak bola, ski, fotografi, menatap bintang, dan juga mulai suka kegiatan cinta alam. Untuk kegiatan cinta alam, ini baru saya sukai ketika saya beranjak dewasa, soalnya waktu kecil saya nggak terlalu suka dengan hal ini. Padahal saya tinggal di New Zealand – taman rahasia dunia. Selamat sekali lagi ya atas kemenangan kamu sebagai Juara Kedua di Sony ‘My Dot Moment’ (meski itu udah cukup lama berlalu)! Boleh tau apa yang membuatmu ikutan kontes itu? Terima kasih! Saya rasa karena briefnya memberi kesempatan pada kami untuk mencetuskan ide-ide keren dan kreatif, seperti sesuatu yang sedikit surealis atau seperti dalam mimpi, dimana hal ini selalu memiliki potensi dan orang-orang selalu tertarik untik melihatnya. Yang kedua, karena saya selalu berpendapat bahwa iklan-iklan Sony tuh keren banget, jadi sisi loyalis/aficionado saya sedikit keluar juga. Entri kamu untuk Coca-Cola ‘Energizing Refreshment’ juga bagus banget. Inspirasinya dapet darimana? Ide asalnya sebetulnya dari saat-saat yang kurang menyenangkan atau ngebosenin, misalnya pada saat pergi kerja di pagi hari, dimana kita perlu sesuatu untuk mengalihkan perhatian dan  kadang jadi berimajinasi sebagai hiburan biar nggak bosen. Kalo digunakan dengan benar, imajinasi itu bisa jadi oke banget. Apa yang kamu sukai dari eYeka, dan apakah kamu ada saran atau masukan tentang apa yang bisa ditingkatkan? Saya suka komunitasnya! Di beberapa kompetisi lainnya, para peserta bisa jadi gugup dan iri, dan kadang bahkan mencoba untuk menjatuhkan peserta lain. Untuk ke depannya, saya sebenernya suka banget dengan hadiah eksperimental seperti trip, meet-up, magang, dsb. Oke banget tuh kalo bisa ada hadiah-hadiah semacam itu! Ada pesan yang pengen kamu sampaikan untuk sesama filmmaker? Tetap berjuang dan jangan menyerah. Saya sering ketemu dengan mereka yang membicarakan tentang proyek atau ide mereka, tapi nggak ada motivasi untuk mewujudkannya. Saya rasa itu yang harus kamu lakukan kalo kamu ingin maju, karena dunia nggak akan datang ke kamu, tapi kamu yang harus mendatanginya. Banyak kesempatan seperti ini diluar sana dan zaman sekarang kamera sudah lebih terjangkau harganya. Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil, seperti syuting pada saat mendung bersama teman-teman. Lakukan riset, eksperimen, dan perlahan-lahan tambahkan terus hal-hal baru yang kamu pelajari. Saya sendiri baru aja belajar tentang gimana mengatur pencahayaan dengan baik. --------------------------------------- Satu hal yang bisa kita petik dari Hugh: kamu nggak perlu sekolah Film/Multimedia secara khusus untuk bisa jadi filmmaker. Hugh sebenernya sekolah Marketing, tapi kita bisa lihat gimana semangat dan kecintaannya pada filmmaking dan kerja kerasnya dalam mempelajari hal-hal tersebut telah membuahkan hasil. Apakah kamu udah liat entrinya untuk Coca-Cola ‘Energizing Refreshment’? Klik disini untuk melihatnya, dan ini entrinya yang memenangkan juara kedua di Sony ‘My Dot Moment’. Well done, Hugh! Tetap semangat dan terusin kreativitasmu. Terima kasih juga atas dukungan kamu untuk eYeka selama ini!