Kagum. Senang. Terharu. Itulah sebagian dari emosi yang kami rasakan ketika kami menonton kreasi-kreasimu untuk kontes Philips Health & Wellbeing yang luar biasa. Kamu telah memperlihatkan kondisi kehidupan di Asia Pasifik dengan sangat baik sekali! Well done, semuanya! :D Sekarang waktunya pengumuman pemenang. Drum rolls, please... Hadiah Pertama (EUR 5,000) jatuh kepada CharmaineY (Singapura) dengan Home
Proses pembuatan video pendek ini cukup last minute, hanya beberapa hari sebelum batas waktu upload-nya berakhir. Prosesnya benar-benar sesuatu yang dilakukan dalam satu malam: brainstorming selama 2 jam, lalu melengkapi diri dengan kamera dan peralatan lainnya, senyum, dan keluar ke jalan raya untuk syuting. Syuting penduduk lokal tanpa mengganggu kehidupan pribadi mereka tidaklah mudah, tapi itulah yang harus kami lakukan untuk memperlihatkan apa yang berlangsung setiap hari. Kami ingin video ini bersifat pribadi dan jujur.  Kami masih ingat gimana kami menarik-narik rambut (kiasan untuk orang stres) setelah salah satu kartu memori kami error dan kami kehilangan semua footages yang telah kami rekam! Satu hari sebelum batas pengumpulan, kami harus buru-buru menyelesaikan editing dan merekam ulang. Kami harus menunggu manajer toko obat untuk memberi izin syuting. Tapi semua itu asik. Keluar dengan sebuah misi rahasia dan bagaimana kami harus berlari ke tengah jalan untuk mendapatkan sebuah adegan. Banyak mobil yang berjalan perlahan untuk melihat apa yang terjadi. Hidup adalah seperti itu. Ketika ia memberimu kacang, kita membuatnya menjadi selai kacang. Meskipun ada beberapa halangan, kami senang proses pembuatan video ini tetap berjalan mulus. Salam, Charmaine, Yan Lan, & Zuo Han  
Hadiah Kedua (EUR 2,500) jatuh kepada contact_pg (India) dengan P
Kontes Philips ini adalah sesuatu yang berbeda. Philips menginginkan cerita yang inspiratif tentang kesehatan dan kesejahteraan di Asia. Saya menafsirkan briefnya sebagai sebuah campuran antara iklan dan dokumenter. Ini adalah pertama kalinya saya mencoba membuat video seperti ini, yang menceritakan kisah yang selalu ingin saya ceritakan: tentang bagaimana para wanita tidak merasa aman di jalan raya yang gelap tanpa lampu jalan. Saya yakin ini adalah sesuatu yang dapat dirasakan oleh setiap wanita, darimanapun mereka berasal. eYeka pastinya adalah sebuah platform yang bagus sekali untuk mengumpulkan cerita-cerita yang jujur dan merk seperti Philips yang produknya telah saya gunakan sedari kecil dan sudah terkenal!
Hadiah Ketiga (EUR 1,500) jatuh kepada derricktao (Hong Kong) dengan A Cambodia Story
Sedih rasanya menulis kata-kata ini, dan saya akan selalu mengenang memori tentang TOLA (pemeran utama dalam video ini). Proses syuting video ini dilakukan di bulan September 2011, dan TOLA meninggal dunia pada tanggal 28 Desember 2011. Saya masih ingat kala itu adalah musim hujan saat kami syuting. Kami syuting di rumah TOLA dan di jalan-jalan di pinggiran desa dimana banyak rumah-rumah yang dibangun oleh penduduk lokal yang kurang mampu. Tiba-tiba hujan turun deras sepanjang malam dan rumah TOLA tergenang air.  TOLA hanya memiliki satu kaki, tapi ia selalu sabar, lembut, dan suportif oleh apa yang kami lakukan. Ia berjalan melalui jalanan yang banjir dengan tenang. Sementara kami, terkadang salah satu kaki kami terjebak di lumpur dan kaki lainnya di antara sampah-sampah. TOLA baru berusia 26 tahun. Sekali waktu ia menangis di depan kakak perempuannya ketika ia sedang menghadapi kematian. Tapi ketika ia berhadapan dengan kami, ia selalu tenang dan mencoba untuk kuat. Ia tidak pernah merasa minder sekalipun, bahkan hingga akhir hidupnya.  Kami sungguh beruntung karena ia meninggalkan suara dan gambarnya dalam video kami, sehingga mereka yang tidak mengenalnya tetap dapat terinspirasi oleh semangatnya yang kuat. Sekarang, banyak orang melakukan perencanaan untuk mewujudkan impiannya memiliki sistem pendidikan yang lebih baik di Kamboja.
Selamat semuanya! Dan untuk kalian semua yang telah berpartisipasi dalam kontes ini, kamu mengucapkan terima kasih banyak! Kami benar-benar suka semua kreasimu dan tentunya tidak mudah bagi Philips untuk memilih hanya 3 pemenang dari sekian banyak!