Selamaaaaaat! Kami senang sekali untuk mengumumkan bahwa kontes ini sukses besar. Kalian benar-benar CINTA JEPANG! Banyak dari kalian yang mengirimkan media tentang makanan, Geisha, dan boneka Jepang. Tapi selain itu, kami juga menerima entri-entri yang bikin surprise tentang taman, kedamaian, dan kehormatan. You guys have done a great job! Beberapa entri kalian juga dipajang di kantor pusat ADK di Tokyo. Selamat! 

Yuk mari kita lihat siapa saja yang berhasil naik ke podium. Sekarang waktunya kami mengumumkan siapakah para juara untuk kedua kategori: video dan media cetak. 

Kategori Video:


Hadiah Pertama (EUR 5,000): antonio dari Italia dengan Japan and Beyond 
“Entri ini menggambarkan dua hal utama dari kebudayaan Jepang, yaitu keahlian dan gaya minimalis, dengan baik sekali. Eksekusi yang simpel dan indah.”




Saya mengetahui tentang eYeka beberapa bulan yang lalu dari seorang teman yang berpartisipasi dalam salah satu kontesnya, dan saya langsung suka dengan konsep eYeka dan semangat demokratisnya. Kontes Stand for Japan merupakan "proyek pertama" saya untuk memulai hubungan dengan eYeka. Saya memiliki ide dan saya memanggil seorang kawan fotografer untuk membantu. Seorang Produser yang biasanya bekerjasama dengan saya meyakinkan Feng (Keen) Zheng, koki sushi berbakat dari sebuah restauran di New York, untuk bekerjasama dengan kami. Kami membeli beberapa ikan salmon dari pecinan dan syuting video dilakukan dalam waktu beberapa jam di sebuah studio di Manhatan. Lullaton, grup musik dari Nagoya, Jepang, memberi kami musik ciptaan mereka dan saya meminta Saori Yamamoto untuk meng-edit gambar-gambarnya karena ia adalah editor terbaik yang saya kenal dan ia adalah orang Jepang. 


Hadiah Kedua (EUR 2,000): raphaele 
dari Perancis dengan Japan's details
“Kami terkesan dengan detail yang ditampilkan tentang kebudayaan Jepang dari perspektif unik yang tidak terpikir oleh orang Jepang.”

Saya menemukan eYeka ketika saya sedang menelusuri internet mencari kontes-kontes kreatif. Saya memilih untuk berpartisipasi dalam kontes ketika saya butuh uang dan subyek kontes ini sangat inspiratif untuk saya. Saya terinspirasi oleh kontes Jepang ini karena saya pernah mengunjungi Jepang sebelumnya dan banyak yang ingin saya sampaikan tentang negara ini. Proses kreatif saya adalah sbb: mula-mula saya memikirkan apa yang ingin saya sampaikan dan mencoba mencari gambar-gambar yang tidak hanya dapat mengilustrasikan poin saya, tapi memiliki nilai tambahan juga. 


Hadiah Ketiga (EUR 1,000): folarinpearse 
dari Nigeria dengan Question from Africa 
“Kecintaannya akan animasi Jepang sangat terlihat disini. Kreasi ini akan membuat setiap orang Jepang tersenyum dan menyadari dampak dari kebudayaannya dan mereka dapat merasa bangga akan itu. ”



Saya adalah sutradara video, animator, dan juga desainer grafis. Saya memiliki beberapa teman yang mengenalkan saya ke situs ini dan saya lihat eYeka adalah jalur untuk mendapatkan penonton internasional untuk karya-karya saya. Kontes Stand for Japan membuat saya menyadari bahwa kebudayaan Jepang memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari fesyen hingga makanan, anime hingga gadget. Tapi untuk saya pribadi, daya tariknya adalah anime. Saya telah menontonnya lama sebelum saya cukup umur untuk menontonnya. Saya suka detail dan dedikasi yang terdapat di dalamnya. Sebagai seorang animator, saya mengerti betapa banyaknya usaha yang dilakukan untuk membuatnya dan saya sangat mengaguminya. Untungnya, tidak terlalu banyak orang seperti saya di sekitar saya, jadi kebanyakan waktu saya bekerja sendiri. Mengenai Question from Africa, saya mengajak teman-teman yang selalu kumpul-kumpul bersama pada malam minggu untuk nonton film (termasuk juga anime). Jadi mereka melakukan apa yang memang mereka lakukan setiap minggu. 


Kategori Desain/Ilustrasi:

Hadiah Pertama (EUR 2,500): remille dari Perancis dengan Mr Fuji
"Meski menampilkan Gunung Fuji yang populer, karya ini menonjol karena ia menunjukkan bagaimana orang Jepang berinteraksi dengan alam dan juga maknanya. Pemandangan dimana mereka menunggu matahari terbit dengan tenang dan penuh harapan juga menyuarakan apa yang ada dalam pikiran masyarakat Jepang saat ini."



Saya tahu tentang eYeka dari seorang teman yang berpartisipasi dalam kontes-kontes. Karena mertua dan saudara ipar saya ada di Jepang, topic "Support Jepang" ini sangat erat di hati saya. Kami sangat sedih akan bencana yang dialami Jepang pada tahun 2011. Diawali dengan tsunami dan kemudian bencana nuklir Fukushima. Memenangkan hadiah ini dan mendapat penghargaan untuk gambar ini sangatlah mengagumkan. Saya ingin berterima kasih kepada eYeka dan tim penyelenggara kontes ini.  Gambar ini tampak sempurna untuk kontes ini karena ia menggambarkan harapan dan kehidupan baru. Orang-orang yang berada di bagian depan gambar mewakilkan orang Jepang. Bentuk-bentuk hitam tidak memberi indikasi akan identitas, tetapi jumlah orang yang ada dan kehadiran mereka memberi kesan struktural dan dukungan. Setiap bayangan adalah berdiri sendiri, dalam kontemplasi lautan manusia di tempat terpencil ini. Fotografi adalah hobi saya semenjak 10 tahun lalu. Kebanyakan waktu saya masih mengambil foto dengan film negatif dan memprosesnya di lab saya. Saya lebih suka keajaiban kimiawi dibanding komputer. Karya fotografi saya tidak murni dokumenter. Kadang kala saya mengatur posisi subyek-subyek yang akan difoto. Satu-satunya aturan yang saya  terapkan pada diri sendiri adalah tidak memotret jika sang subyek tidak mengetahuinya. Foto "Mount Fuji" ini sangatlah sederhana. Saya memotret ribuah orang yang berada disana waktu itu. Karya saya menonjol karena ia berfokus pada keramaian yang menikmati saat-saat menakjubkan ini.



Hadiah Kedua (EUR 1,500): ruben (Perancis) dengan My window view in a Japanese folding screen
"Sangat inspiratif dan ini adalah interpretasi yang segar tentang aestetik Jepang dengan menampilkan teknik dan keahlian dalam budaya dan kehidupan sehari-hari. Ini adalah perpaduan yang indah dari dua budaya yang berbeda."



Saya tahu tentang eYeka karena diberitahu oleh pacar saya. Ia mendengar tentang kontes desain untuk Jepang, dan mengetahui kecintaan saya akan negara ini, ia mendorong saya untuk berpartisipasi. Saya juga berpartisipasi dalam kontes ini karena saya merasa sangat dekat dengan Jepang dan budayanya. Ketika saya mengunjungi Jepang, saya merasa seperti saya lahir dan tumbuh besar disana. Hal ini mungkin dikarenakan ribuan anime yang saya tonton waktu kecil. Desainer Grafis bukanlah pekerjaan saya yang sebenarnya. Saya menyebut diri saya sendiri sebagai "pengumpul info" dan Ilustrator. Saya melakukannya dengan passion. Kadangkala saya menerima tawaran misi profesional, tapi jika hanya mereka memerlukan sebuah karya artistik. Saya memulai proses kreasi saya dengan brainstorming, riset gambar, dan saya mencari informasi sebanyak mungkin tentang subyek yang harus saya kerjakan. Lalu saya mencoba mencari subyeknya (dalam kasus ini berarti Jepang) dalam hal-hal di sekitar saya yang dekat dengan saya pada saat saya mulai bekerja dan terkadang saya suka mencampurnya dengan gambar-gambar yang sudah terekam di kepala saya. Misalnya, saya selalu menyukai layar lipat dan dulu saya mengatakan pada diri sendiri, "suatu hari nanti saya akan menemukan inspirasi yang dapat digunakan dengan layar lipat", dan inilah dia. Biasanya saya menggunakan komputer untuk berkreasi, tetapi saya juga menggambar dan mengambil foto. Saya tidak suka menggunakan tekhnik mewarnai karena saya tidak suka membersihkannya setelah itu. Hahaha. Ketika saya mengenal peranti lunak untuk desain grafis, saya menyebut mereka sebagai "doudou" (Bahasa Perancis) saya, yang kira-kira bisa diartikan sebagai "teddy bear". Untuk lebih jelas lagi mengenai diri saya, berikut ini adalah sedikit informasi mengenai studi dan pengalaman saya: saya belajar desain fesyen di Milan ketika saya berusia 19 tahun. Saya lalu keluar dari sana dan pindah ke sekolah fesyen Studio Berçot di Paris. Saya bekerja untuk beberapa rumah mode seperti Cacharel dan Balenciaga. Hal ini berlangsung selama kurang lebih 3 tahun. Tapi sebenarnya ini hanyalah sebuah fase dalam hidup saya. Pekerjaan saya yang sebenarnya adalah penyanyi lagu klasik dengan spesialisasi musik Baroque. SURPRISE! 

Hadiah Ketiga (EUR 1,000): Cedricabt (Perancis) dengan Jakura
"Pengertian kreator yang mendalam serta kecintaannya akan budaya Jepang ditunjukkan melalui penggunaan simbol-simbol Jepang yang berbda mulai dari yang lama hingga yang baru dan ditata secara harmonis."



Saya menemukan eYeka ketika sedang mencari kontes ilustrasi di internet. Saya suka eYeka karena saya menemukan berbagai tawaran yang menarik. Saya berpartisipasi dalam kontes karena ini adalah cara yang baik untuk menciptakan suatu kreasi. Menurut saya sangatlah bagus untuk memiliki tema yang jelas, slogan, teks, atau pesan sebagai panduan. Ini membuat proses kreasi menjadi lebih mudah dan terarah. Saya berpartisipasi dalam kontes ini karena temanya sangat menarik. Jepang adalah negara dengan berbagai aspek yang menarik dan anime-nya selalu berpengaruh untuk saya. Melalui kontes ini saya ingin berbagi tentang elemen-elemen yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Biasanya saya bekerja sebagai Ilustrator buku anak-anak dan cara saya bekerja cukup "kuno", tetapi saya menggunakan alat-alat digital juga sesekali karena mereka membuat proses kerja saya lebih cepat selesai. Saya mengerjakan satu ide dalam satu waktu. Saya mulai dengan mencari elemen-elemen yang berhubungan dengan temanya, kemudian saya membuat sketsa dan mulai melukis.
 


Selamat! Untuk semua yang telah berpartisipasi dalam kontes ini, well done dan terima kasih banyak! Kami suka semua kreasi kalian :D