Halo semua,

Entri-entri kiriman kalian untuk kontes Danone Signature betul-betul keren banget

Danone telah memilih tiga entri yang dirasa paling mewakili visi mereka, dan juga satu entri tambahan karena keasliannya. Mari kita baca bersama komentar dari juri dan diikuti dengan sedikit cerita dari pemenang yang tentunya happy banget (dalam tulisan miring).


Hadiah Pertama (EUR 3,000): met_mangindaan dari Indonesia 
“Kami terutama menyukai aura positif dan inti dari visual yang dibuat. Sang kreator menunjukkan dimensi intergenerasi dari produk-produk kami melalui cara yang sangat kreatif. Kami juga bangga untuk memberi hadiah kepada kreator dari negara yang sangat penting untuk perkembangan Danone Dairy ke depannya, seperti Indonesia.”
Saya mengetahui tentang eYeka beberapa bulan yang lalu dari seorang teman. Ia memberitahu saya bahwa eYeka memberikan tantangan kreatif dari perusahaan-perusahaan besar di berbagai belahan dunia. Sebagai permulaan, saya dan dia (seorang Animator) membuat sebuah animasi untuk kontes Lenovo. Kami tidak menang dalam kontes tersebut, tapi saya tidak menyerah. Saya membuat ilustrasi untuk kontes Stand for Japan dan kembali saya belum menang. Sebagai usaha ketiga, saya mengajak teman saya, Rangga Imanuel (Art Director senior yang hebat) untuk mengikuti kontes Danone ini. Sebenarnya hal ini tidaklah mudah karena saya melihat brief kontesnya beberapa hari sebelum deadline dan kami tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan sesi brainstorming dan latihan. Kami hanya berbagi dan diskusi ide melalui email dalam waktu 2 hari dan saya membuat visualnya dalam waktu 2 hari. Kami membuat konsep ini berdasarkan video profil yang ada di brief dan sedikit riset di internet. 

Hadiah Kedua (EUR 1,500): howyee dari Hong Kong
“Visual yang bagus sekali, simpel dan warna-warnanya cantik. Visual yang penuh makna tentang kecintaan dan aksi yang ada di dalam satu cup yogurt Danone.”
Saya senang dapat berbagi tentang pengalaman ini dengan kalian. Tahun lalu saya berhenti kerja dan saya ingin melakukan sesuatu yang kreatif dan berhubungan dengan menggambar. Namun tidaklah mudah untuk mencarinya karena saya tidak memiliki latar belakang seni dan desain. Saat itu saya menemukan eYeka di Internet. Karena saya hanya bisa menggambat, saya hanya bisa berpartisipasi dalam kontes ilustrasi. Proses kreasi saya sangat simpel. Setelah mempelajari brief kontes, saya akan membuat gambaran ide saya, kemudian mempelajari briefnya lagi dan membuat ide saya semakin detil. Terkadang ide saya bisa berubah secara keseluruhan. Saya rasa brief yang detil dan terperinci dapat memberi inspirasi untuk lebih banyak ide.

Hadiah Ketiga (EUR 500): hunty dari Inggris
“Kreasi ini mendapat perhatian kami karena slogannya yang simpel tetapi memiliki makna yang kuat. Sederhana tapi penuh makna.”
Saya menyukai tantangan yang ada dalam kontes. Saya dulu bekerja sebagai Art Director di industri periklanan selama beberapa tahun sebelum mobil saya hancur. Saya melihat bahwa eYeka memberi saya tantangan kreatif yang menguji kecerdasan saya, karena saya berusaha menghasilkan ide yang bagus dengan cara yang profesional tanpa dukungan teknis yang saya miliki dulu. Pada akhirnya, sebuah ide yang bagus adalah hal terpenting. Produk Danone adalah penghuni rutin di kulkas saya dan saya merasa memiliki koneksi dengan mereka dan visual saya menjawab apa yang diminta oleh briefnya. Ketika saya memutuskan untuk ambil bagian dalam sebuah proyek, biasanya saya menghabiskan sebagian waktu membuat papan tema yang dipenuhi dengan ide, warna, dan tipografi. Inspirasi saya biasanya datang dari berbagai macam media visual, tapi terutama dari kecintaan saya akan seni rupa dan periklanan. Sebagian besar dari kreasi yang saya kerjakan adalah buatan saya seorang, namun terkadang saya berkolaborasi dengan musisi dan pembuat film untuk membuat sebuah proyek yang komplit. 


Hadiah ekstra (EUR 500): lespetitesvertus dari Perancis
“Kami memutuskan untuk memberi hadiah tambahan kepada kreasi ini atas keasliannya. Kreasi ini sangat unik di antara seluruh entri yang ada, dan memberi kami inspirasi setelah melihatnya.”
Saya mendirikan Collective Les Petites Vertus pada tahun 2011. Kompetisi yang diberikan eYeka terlihat menarik karena kita bisa mengerjakan proyek kreatif dari perusahaan-perusahaan ternama. Kami adalah beberapa desainer yang mengerjakan proyek desain untuk individu dan perusahaan berskala medium. Proses kreasi saya cukup klasik. Dimulai dengan brainstorming, mencari patokan, dan sedikit riset tergantung subyeknya. Kemudian karya kreatif ini akan menuju ke beberapa arah yang akan disempurnakan lagi kemudian.
Selamat untuk para pemenang dan terima kasih banyak atas partisipasi kalian semua! :D

n.b.: Kami mohon maaf karena kami tidak dapat mempublikasikan kreasi para pemenang karena alasan kerahasiaan. Terima kasih atas pengertiannya.